5 Pilihan Organisasi Relawan yang Tepat untuk Kamu Pilih

5 Pilihan Organisasi Relawan yang Tepat untuk Kamu Pilih

Organisasi relawan menjadi wadah yang tepat untuk kamu yang ingin mengembangkan diri. Oleh karena itu, kamu perlu organisasi relawan yang cocok. Lebih lagi, banyaknya wadah dan cara untuk mengembangkan potensi diri, terkadang membuat bingung untuk menentukan pilihan. 

Untuk itu kamu harus berani mengambil keputusan dan memilih organisasi yang mampu menjadi wadah dan punya tujuan sama dengan kamu. Disamping itu, kamu perlu juga mengenal beberapa organisasi relawan yang akan menjadi platform pengembangan diri.

Ingin gabung ke sebuah organisasi relawan tapi cemas? Khawatir nggak bisa berkembang dan memaksimalkan potensi diri? Tenang, kamu akan tahu organisasi yang tepat buat meningkatkan potensi diri dengan membaca artikel ini.

Berikut ini 5 organisasi relawan yang tepat kamu ikuti sebagai wadah pengembangan diri:

#1 TurunTangan

Sesuai seperti namanya, TurunTangan adalah sebuah komunitas relawan dan inkubasi kepemimpinan pemuda juga sebagai wadah pengembangan diri . Didirikan pada 2013 silam oleh sejumlah anak muda yang berprinsip bahwa setiap orang perlu terlibat untuk menunaikan janji kemerdekaan.

Dengan membawa moto “Think Big, Start Smart, Act Now”, komunitas ini hadir untuk membentuk dan mengembangkan potensi diri pemuda. Oleh sebab itu, moto ini membentuk pemuda untuk mewujudkan mimpinya, mulai dengan langkah kecil dan mulai saat ini juga.

Beberapa program yang dijalankan oleh TurunTangan ini diantaranya sosial kemanusiaan, lingkungan, pendidikan, pendidikan politik, dan kesehatan. Salah satu wujud program organisasi ini yaitu akademi relawan yang merupakan sekolah kepemimpinan berbasis digital yang mendidik dan melatih relawan menjadi penggerak sosial.

Komunitas ini tepat untuk kamu yang ingin meningkatkan potensi diri. Tidak hanya berfokus dalam satu bidang, tetapi juga ada berbagai bidang yang bisa kamu pilih sesuai dengan minat dan potensi diri.

Sekarang, organisasi ini telah tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia, dari Aceh sampai Papua. Organisasi ini kerap membagikan berbagai informasi terkait program TurunTangan melalui Instagram resmi. Salah satu agenda yang dekat-dekat ini akan diadakan yaitu gathering TurunTangan. 

#2 Aksi Cepat Tanggap (ACT)

Organisasi relawan selanjutnya adalah Aksi Cepat Tanggap, suatu lembaga organisasi kemanusiaan dengan berbasis kedermawanan dan karyawan yang berkeyakinan mampu mewujudkan peradaban dunia yang lebih baik.

Baca juga: Bagaimana Bisa Pengalaman Kerelawanan Menjadikan Kamu Selangkah Lebih Maju

Selaras dengan namanya organisasi ini cepat tanggap dalam menjalankan program-program kemanusiaan seperti membantu menangani bencana alam, membuka dan mendistribusikan donasi kepada orang yang kurang mampu. Disamping itu, organisasi ini juga aktif berkontribusi di berbagai bidang diantaranya pendidikan, kesehatan, dan pemberdayaan ekonomi.

Bukan hanya itu, Aksi Cepat Tanggap juga sigap dalam menangani isu-isu bencana, baik di dalam negeri maupun luar negeri. Oleh sebab itu, Organisasi ini menyediakan berbagai platform yang menjadi wadah donasi.

Maka dari itu, bergabung bersama Aksi Cepat Tanggap sangat tepat, lebih lagi sebagai wadah pengembangan potensi diri. Kamu bisa berkontribusi di bidang yang sesuai dengan minat dan potensi.

#3 Masyarakat Relawan Indonesia (MRI)

Dikutip dari relawan.id, Masyarakat Relawan Indonesia adalah sebuah organisasi relawan yang meyakini bahwa setiap orang perlu membela hak-hak dan membantu pengembangan masyarakat. Kejadian tsunami aceh yang mengumpulkan relawan dari segala pelosok negeri dan kemudian menjadi dasar dari didirikannya MRI di Banjarmasin pada tahun 2005.

Tujuan didirikan MRI untuk mewadahi segala bentuk kepedulian relawan. Karena itu, bagi kamu yang ingin bermanfaat dan mengasah potensi, MRI tepat untuk dipilih. Organisasi ini berfokus pada pelatihan kerelawanan, pemberdayaan relawan, serta pengembangan jejaring nasional dan program. 

Saat ini, MRI tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia, dari Aceh sampai Papua. Salah satu program yang digalakkan adalah berupa bakti kerja relawan yang membersamai dan membantu meningkatkan kehidupan masyarakat di berbagai bidang baik, pendidikan, ekonomi, kesehatan dan lain-lain.

Tak hanya itu, MRI juga mengembangkan jejaringnya di ranah nasional dan global. Hal ini sebagai bentuk upaya agar MRI mampu menjadi lokomotif perubahan yang besar dan cepat.

Organisasi ini tepat untuk kamu yang ingin berkontribusi dan berkembang menjadi relawan. Dan dapat menjadi wadah untuk proses pengembangan potensi diri. 

#4 Relawan Nusantara

Dilansir dari relawannusantara.org, Relawan nusantara adalah sebuah organisasi pemuda dan terfokus pada penanggulangan bencana dan kegiatan sosial kemanusiaan. Sejak berdiri tahun 2014, organisasi ini terus berekspansi dan telah tersebar di 42 kota/kabupaten se-Indonesia dari Aceh hingga Papua. Dan sudah memiliki relawan sebanyak 1.585 orang.

Organisasi ini aktif dan secara sigap membantu masyarakat yang terdampak bencana. Dengan mengusung sebuah visi, sebagai sarana dan wadah anak muda untuk berkembang dan memaksimalkan potensi diri. Oleh sebab itu, organisasi ini tepat untuk kamu tempati.

Berbagai program yang digalakkan berupa penanggulangan bencana, borong dan berbagi, serta Jum’at menabung. Saat ini, banyak aksi-aksi penanggulangan bencana yang telah dilakukan seperti melakukan aksi bersih-bersih pasca banjir di daerah terdampak, pelatihan pemadaman kebakaran, memborong barang dagangan penjual yang terdampak dan masih banyak lagi.

Salah satu bentuk kolaborasi dengan Rumah Zakat adalah program Rona Nusantara, yang merupakan program yang dirancang untuk membantu masyarakat di desa-desa terpencil serta mengeksplorasi ragam keindahan alamnya.

Dengan adanya program ini, pemuda-pemudi yang peduli terhadap kemajuan masyarakat Indonesia dapat berkontribusi sebagai relawan. Kamu bisa berbagi cerita, mengajar dan memotivasi mereka agar menjadi lebih baik.

#5 Ketimbang Ngemis

Terakhir, organisasi relawan yang akan kita bahas adalah Ketimbang Ngemis. Merujuk melalui laman ketimbangngemisjakarta.org, organisasi ini didirikan sejumlah pemuda di tahun 2015 silam yang terfokus pada gerakan sosial. Kemudian, tujuan pembentukannya untuk mengapresiasi dan membantu orangtua yang mencari nafkah dengan segala keterbatasan yang dimiliki.

Saat ini, Ketimbang Ngemis telah tersebar di seluruh Indonesia dan dengan jumlah 50 regional. Moto yang mereka bawa yaitu, Say No To Ngemis, yang mengajak serta memberikan motivasi kepada para orangtua yang memiliki keterbatasan tapi ingin berusaha mencari nafkah tanpa mengemis.

Maka dari itu, mereka menjalankan program donasi setiap bulan, project umrah, hingga mengajak para orangtua jalan-jalan ke mall. Kamu bisa berkontribusi bersama para pemuda yang lain untuk membantu mereka, para sosok mulia. Disamping itu, kamu akan menjalankan project yang membantu mengembangkan potensi diri juga.

Mana Organisasi Relawan yang Tepat untuk Kamu?

Jadi, itulah 5 organisasi yang tepat sebagai wadah pengembangan diri yang perlu kamu ketahui. Kamu bisa menentukan organisasi mana yang tepat untuk kamu. Misalnya, jika berminat di bidang sosial kemanusiaan, kamu bisa meningkatkan minat itu dengan mengikuti rangkai program yang meningkatkan potensi diri.Pengembangan potensi ini bisa kamu dapatkan di organisasi relawan. Salah satunya adalah TurunTangan yang mempunyai Akademi Relawan sebagai upaya untuk membantu anak muda mengembangkan potensi diri mereka.

Harapannya artikel ini bisa membantu Kamu yang sedang kebingungan menentukan pilihan organisasi relawan.

Bagikan artikel ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.