6 Rekomendasi Kegiatan untuk Mengisi Waktu Libur agar Kamu Tetap Produktif

6 Rekomendasi Kegiatan untuk Mengisi Waktu Libur agar Kamu Tetap Produktif

Memang sudah menjadi fakta yang malang-melintang, liburan merupakan momen yang telah lama dinantikan banyak orang, khususnya mahasiswa. Bagaimana tidak menjadi penantian, sebab mahasiswa telah bosan menjalankan rutinitas yang memberatkan itu.

Kuliah yang penuh drama, tugas, juga deadline yang mencekik hampir setiap malam. Tentu sudah dipastikan butuh rehat dan istirahat. Ya, meskipun hanya libur akhir pekan.

Akan tetapi apabila liburan hanya dipenuhi dengan istirahat, justru akan membuat jenuh dan serasa ingin pergi kuliah saja. Padahal, ketika sedang kuliah ingin cepat-cepat liburan. Saat itulah muncul ide untuk mengisi waktu liburan agar lebih bermanfaat. 

Dengan begitu, Keinginan agar waktu liburan dimanfaatkan supaya lebih produktif akan semakin kuat. Apalagi jika waktu libur hanya diisi dengan tidur dan makan sehingga akan semakin bosan. Tetapi, banyak yang tidak tahu cara memanfaatkan waktu liburan yang baik dan benar. 

Oleh karena itu jangan khawatir, sebab beberapa rekomendasi kegiatan ini bisa membuat waktu libur menjadi lebih bermanfaat dan produktif.

1. Manfaatkan waktu libur untuk memulai olahraga

Kamu bisa mengisi waktu libur dengan berolahraga, karena bisa mendapatkan manfaat yang baik untuk tubuh dan kesehatan. Hanya saja, hal ini sering diabaikan oleh sebagian banyak mahasiswa. Sebab, mahasiswa sangat sulit untuk memulai olahraga karena terlalu banyak kegiatan. Akhirnya, lebih memilih untuk tidur daripada workout. 

Apalagi saat liburan, kebiasaan mager yang menjadi salah satu alasan yang paling sering diucapkan. Oleh karena itu, ini juga menjadi salah satu faktor meningkatnya obesitas. Meskipun sedang menikmati libur panjang, semestinya tetap mengatur waktu untuk memulai berolahraga dengan rutin.

Tidak perlu khawatir, bagi yang baru memulai bisa dengan berjalan kaki setelah makan. Dengan begitu, kalori yang terdapat pada perut akan terbakar sehingga mencegah perut menjadi buncit. Bukan hanya itu, kebiasaan ini menyehatkan bagi sistem pencernaan, jantung, dan bahkan mampu mengoptimalkan agar tidur lebih lelap.

Kemudian, setelah terbiasa berjalan kaki, tingkatkan langkah demi langkah seperti berenang, berlari, mengangkat beban,  senam yoga dan sebagainya. Ayo, mulai bangun kebiasaan untuk berolahraga baik saat liburan ataupun tidak liburan. Maka, waktu liburmu akan menjadi lebih produktif.

2. Mengikuti kursus atau pelatihan online

Waktu libur bukan berarti bebas untuk tidak membuat planning masa depan. Justru, bisa dimanfaatkan untuk menggali dan meningkatkan kemampuan. Maka pikirkanlah selagi waktu libur masih ada, apa yang menjadi passion kamu? Apakah passion ini akan menjadi kemampuan yang bisa diunggulkan dan nantinya seberapa besar manfaat bagi masa depan?

Jika telah menemukan passion, yaitu di bidang relawan dan potensi skill ada pada kepemimpinan. Oleh karena itu, kamu bisa mengikuti pelatihan di Akademi Relawan. Di sana kamu bisa belajar tentang dunia relawan dan meningkatkan skill kepemimpinan yang kamu miliki.

Dengan mengikuti kursus atau pelatihan online memungkinkan untuk belajar kapanpun dan dimanapun. Demikian juga dengan skill dan kemampuan kamu akan lebih berkembang. Maka dengan begitu, waktu libur bisa dimanfaatkan menjadi lebih produktif. Ayo, sisihkan waktu dalam sehari untuk olahraga.

3. Bangun kebiasaan untuk membaca buku

Tidak sedikit orang Indonesia yang menganggap bahwa membaca adalah kegiatan yang membosankan. Tentu, ini hal yang memprihatinkan sebab minat baca masyarakat Indonesia sangat rendah. Apalagi, berdasarkan data UNESCO menyebutkan bahwa dari 1.000 orang Indonesia hanya 1 orang saja yang rajin membaca. 

Sepertinya manfaat membaca buku kurang diketahui sehingga malas untuk membaca. Padahal, membaca menambah wawasan dan ilmu pengetahuan. Jika waktu libur hanya digunakan untuk tidur saja akan sangat tidak produktif. Lebih baik mencoba untuk membaca buku.

Selain itu, jika ingin mulai membangun kebiasaan membaca, tidak harus membaca dengan topik yang berat-berat seperti politik, sastra, filsafat dan lain sebagainya. Kamu bisa membaca buku sesuai topik yang disukai. Misalnya suka membaca komik. Dengan begitu, kebiasaan membaca akan terbangun dengan sendirinya. Tentu, untuk membangun aktivitas itu dimulai dengan membaca tema dan bahasanya yang ringan.

Banyak manfaat yang didapatkan selepas membaca buku, misalnya mengurangi stress, menambah pengetahuan, membantu memecahkan masalah, meningkatkan memori juga daya konsentrasi, dan pastinya meningkatkan produktivitas.

4. Mengisi kegiatan dengan mulai menulis

Nah, setelah kamu sudah gemar dan terbiasa membaca buku, langkah selanjutnya adalah mulai menulis. Kamu bisa menulis sesuai dengan topik dari buku yang telah dibaca. Dengan begitu, manfaat dari membaca akan sangat terasa. Sebab, ilmu tersebut tidak hanya disimpan, akan tetapi ditulis agar dibaca dan dipahami banyak orang.

Namun, alih-alih menuliskan berdasarkan buku bacaan yang terkesan sulit, maka bisa dimulai dengan menulis buku harian. Oleh sebab itu sebuah studi oleh sejumlah peneliti di Amerika menyarankan untuk menulis. Karena dengan menciptakan tulisan yang ekspresif dapat memberikan manfaat kesehatan. Selain itu, menulis buku harian juga bisa mengurangi stres dan kelelahan.

Jika aktivitas ini dilakukan dengan konsisten selama liburan, maka akan sangat bermanfaat bagi kehidupan. Bukan hanya itu, apalagi jika menulis dan mempublikasikan-nya di surat kabar atau blog yang kamu buat, maka bonus uang akan didapatkan. Dengan begitu, kamu bukan hanya lebih produktif dalam memanfaatkan sisa waktu liburan. Akan tetapi, bisa menambah penghasilan.

5. Mengisi waktu luang dengan berkebun

Berkebun bisa membawa suasana yang menyenangkan bagi siapapun. Anda bisa mempergunakan waktu luang tersebut untuk membuat taman sederhana pada rumah Anda. Berkebun dan menanam tanaman bisa mengurangi rasa depresi dan stress. Rumah yang sehat adalah rumah dengan taman yang asri dan segar. Taman bisa Anda buat secara sederhana tanpa harus menggunakan tempat yang banyak.

Sebagai tahap awalnya Anda bisa menggunakan pot yang dibuat dari botol minuman bekas yang sudah dipotong terlebih dahulu. Isilah dengan tanah dan pupuk barulah tanamkan bibitnya pada tanah tersebut. Gantunglah pot sederhana tersebut pada halaman rumah Anda agar terlihat menarik.

6. Mengikuti kegiatan volunteer

Alih-alih menghabiskan waktu libur kuliah hanya dengan menghamburkan uang, alangkah lebih baik jika menjadi relawan atau volunteer. Sebagai mahasiswa yang menjadi agen perubahan pasti membutuhkan tempat untuk sarana berkembang. Nah, Akademi Relawan bisa menjadi salah satu wadah untuk membantu mahasiswa menciptakan perubahan yang lebih baik bagi Indonesia.

Bagikan artikel ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.