Yuk!Bangun Kerja Sama Tim agar Lebih Solid dengan 5 Cara Ini

Yuk!Bangun Kerja Sama Tim agar Lebih Solid dengan 5 Cara Ini

Apakah Kamu pernah memimpin sebuah tim dan berupaya membangun kerja sama agar lebih solid? Tentu, Kamu pasti banyak menghadapi tantangan ketika sedang berusaha meningkatkan kerja sama tim. Meski begitu, Kamu jangan pantang menyerah, karena sudah saatnya Kamu mengambil peran untuk kemajuan tim agar lebih kompak.

Kamu pasti menyesal karena tim yang tidak solid akan mempengaruhi performa kerja. Maka project kerelawanan yang Kamu bangun akan menurun baik dari segi kuantitas atau kualitas. Lalu, bagaimana cara membangun kerja sama tim yang solid?

Nah, Kamu sudah ada di halaman yang tepat. Sekarang, waktunya belajar dan baca ulasan berikut.

Apa Itu Kerja Sama Tim?

Kerja sama tim adalah kesanggupan untuk bekerja sama yang dimiliki suatu tim kerja untuk tujuan mencapai target atau visi dan misi suatu project.

Dengan kerja sama tim, Kamu bisa lebih mudah mengelola dan meminimalisir segala resiko pekerjaan. Selain itu, target yang kamu gadang-gadang akan berhasil memungkinkan akan tercapai. Sebab, jika kerja sama tim telah solid maka akan berpengaruh terhadap performa kerja tim sehingga tim lebih produktif dan Kamu nggak capek mikirin healing, deh.

Kalau, tim kamu tidak bisa dikelola dengan baik dan Kamu tidak belajar cara memimpin tim secara efisien. Tentu, ini sangat disayangkan. Walaupun demikian, Kamu masih punya kesempatan untuk memperbaiki dan belajar bagaimana memimpin sebuah tim agar solid.

Dengan begitu, Kamu akan menjadi pemimpin yang kompeten dan project kerelawanan yang kamu buat akan memiliki peluang besar untuk memperoleh hasil yang diinginkan.

Apa Manfaat dari Kerja Sama Tim?

Dalam sebuah tim dibutuhkan kerja sama di antara anggotanya. Melalui kerja sama, pekerjaan akan lebih efektif dan ringan. Sebab setiap anggota diwajibkan untuk menyelesaikan tugas yang telah diberikan sesuai ketentuan.

Dengan begitu Kamu dan tim akan merasakan manfaat dari kerja sama. Akan tetapi, apa saja sih manfaat dari kerja sama tim itu? Apakah benar kerja sama sangat diperlukan dalam sebuah tim? 

Nah, berikut kami sajikan manfaat kerja sama tim yang bisa kamu baca.

  • Proses mencapai tujuan dimudahkan: Dengan kerja sama tim, akan memudahkan dalam mencapai tujuan. Karena setiap anggota berkontribusi sesuai dengan keterampilan yang dimiliki.
  • Produktivitas meningkat: Saat bekerjasama antar anggota tim, kemungkinan produktivitas tim akan meningkat.
  • Meningkatkan kualitas komunikasi: Ketika melakukan diskusi dengan anggota tim lainnya, kita dituntut untuk memberikan ide dan dikomunikasikan dengan benar.
  • Tim lebih kompak: Teamwork secara tidak langsung akan membantu tim Kamu menjadi kompak dan solid.
  • Berani mengambil resiko:  Ketika bekerjasama kita akan tahu bahwa keputusan yang kita ambil berisiko gagal. Walaupun begitu, akan ada saja yang mendukung Kamu.
  • Pekerjaan cepat selesai: Saat bekerjasama pasti setiap anggota diberikan tugas sesuai kompetensi. Tentu, ini akan memudahkan pekerjaan sehingga efisien. Selain itu, pekerjaan lebih cepat terselesaikan.

Kenapa Kerja Sama Tim Penting?

Bayangkan jika project kerelawanan yang Kamu inisiasi dan sedang dilakukan memiliki teamwork yang buruk. Akankah project Kamu akan berhasil dengan mulus? Apakah setelah project selesai komunikasi dengan tim akan tetap terjalin dengan baik? Jawabanya belum tentu tidak. 

Akan tetapi, Kamu perlu berusaha secara optimal dalam membangun teamwork. Nggak akan susah kok. Asalkan Kamu mau untuk berusaha. Memang kerja sama tim terkadang sering dilupakan. Meskipun begitu, ini akan tetap menjadi kebutuhan yang terus dicari karena sampai kapan pun perlu adanya kerja sama. Benar, bukan?

Misalkan jika project kerelawanan yang kamu lakukan tidak berjalan dengan lancar. Sebab salah satu anggota partnership tidak ingin kerja sama. Ia hanya ingin melakukan tugasnya sendiri. Tanpa ada yang melakukan pengecekan. Bahkan, tidak ingin menerima masukan dari anggota lain. Bisa dibayangkan project kerelawanan yang Kamu lakukan akan semakin kacau.

Nah, di sini kerja sama dibutuhkan karena pentingnya teamwork. Dengan begitu, tim akan solid, mudah adaptasi, produktif, serta bisa bekerja lebih cepat dan efektif. Bahkan, kualitas individu anggota tim akan meningkat.

Cara Membangun Kerja Sama Tim yang Solid

Setidaknya ada 8 cara yang bisa Kamu terapkan untuk membangun kerja sama tim agar lebih solid. Seperti berikut ini:

#1 Tumbuhkan Kepercayaan antar Anggota Tim

Tanpa adanya kepercayaan dalam sebuah tim, maka itu hanya sekelompok individu yang bekerja. Biasanya ini terjadi karena setiap anggota ingin mendapat intensi atasan, misalnya ingin naik jabatan. Tentu, ini akan berpengaruh terhadap perubahan karir. Tidak jarang, perselisihan dan rasa tidak percaya antar anggota tim terbentuk dari sini.

Maka dari itu kepercayaan sangat penting dalam sebuah tim. Karena tim akan semakin kompak dan performa kinerja tim akan membaik. Yang pasti ini terjadi sebab tumbuh rasa aman antara anggota tim sehingga mereka lebih berani dalam mengutarakan pendapat atau berkomunikasi dan juga berinteraski.

#2 Jelaskan Tujuan Tim dengan Lengkap

Ini nih yang kebanyakan orang diremehkan. Biasanya, setelah masuk dalam sebuah tim, pemimpin akan memberikan penjelasan terkait cakupan tugas dari tiap anggota. Akan tetapi, kebanyakan pemimpin akan lupa untuk menentukan tujuan tim secara jelas dan detail. Terkadang seorang pemimpin tim hanya menjelaskan tujuan umum dari project yang akan dikerjakan tim. 

Oleh karena itu, penting untuk menjelaskan tujuan tim secara rinci sehingga tidak terjadi kesalahan persepsi kepada anggota tim. Karena tujuan tim telah ditetapkan secara detail maka anggota tim akan segala keputusan yang diambil akan berorientasi terhadap tujuan yang sama.

#3 Kembangkan Kemampuan Anggota Tim

Sama halnya dengan peran dan tanggung jawab, maka setiap anggota tim pasti memiliki kemampuan yang berbeda. Untuk itu, pemimpin tim harus memahami kemampuan apa yang dimiliki tiap anggota. Apakah handal dalam berkomunikasi atau justru lebih handal dalam memetakan informasi?

Bayangkan jika ada suatu kegiatan di luar tugas yang diberikan menjadi moderator, misalnya. Tentu untuk menentukan siapa yang menjadi moderator, seorang pemimpin tim harus terlebih dahulu tahu kemampuan dari setiap anggota timnya. Jika tidak tahu, maka akan salah pilih yang malah mengakibatkan acara yang diadakan tidak berjalan dengan baik.

Maka dari itu, memahami kompetensi atau kemampuan yang dimiliki setiap anggota tim perlu dilakukan oleh pemimpin. Pasalnya, jika ini terjadi capaian atau target yang ingin Kamu capai akan gagal. 

#4 Berikan Reward yang Layak ke Anggota Tim

Kamu bisa memberikan hadiah ke anggota tim kerja sebagai bentuk penghargaan atas pencapaian yang telah dicapai oleh setiap anggota. Sebab,  menghargai pencapaian walaupun sedikit pun menjadi hal yang akan membuat tim kerja kamu semakin loyal. Selain itu, reward juga membuat mereka lebih semangat dalam mengerjakan project tim.

Bentuk reward atau hadiah yang Kamu berikan tidak harus mewah. Tapi, jangan murah banget juga sih. Berikanlah hadiah yang kayak karena setiap anggota tim telah berjuang dengan gigih, kerja keras, inovasi, dan kreativitas.

#5 Jadilah Contoh yang Baik bagi Anggota

Menjadi pemimpin tidak sekedar cas-cis-cus was-wis-wus atau “tolong direvisi secepatnya, ya” kepada anggota tim, lebih dari itu. Mestinya pemimpin memiliki kualitas yang baik sehingga bisa menjadi contoh untuk anggotanya. 

Jika pemimpin tidak memberikan contoh yang baik, maka memungkinkan anggota tim tidak akan loyal dalam menangani project. Sama halnya seperti yang pepatah katakan, “ada asap ada api”. Masih tidak sadar saja bahwa anggota tim semakin tidak kompak. Tentu, pasti ada penyebabnya.

Maka dari itu jika ingin membangun kualitas tim, cobalah untuk memperbaiki kualitas diri.

Cara membangun kerja sama tim diatas dapat Kamu coba terapkan pada teamwork dengan tekun. Kerja sama tim memang hal penting, namun bukan satu-satunya yang harus diperhatikan. Kamu tidak boleh mengabaikan hal lain yang juga sama penting.

Semoga ulasan ini bisa membantu teamwork Kamu lebih solid dan efektif. Kalau masih memiliki pertanyaan atau ada tips dari Kamu. Jangan ragu untuk tulis di kolom komentar, ya!

Bagikan artikel ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *