Jenis-Jenis Program Relawan dan contohnya yang Mesti diketahui

Jenis-Jenis Program Relawan dan contohnya yang Mesti diketahui

Ada banyak jenis-jenis relawan atau volunteer yang biasanya dikategorikan berdasarkan kegiatan relawan yang dijalani. Bahkan, sekarang kegiatan volunteer tidak hanya dilakukan secara offline. Melainkan, bisa dilakukan dengan online volunteering.

Seru bukan? Tapi menjadi relawan bukan sekedar lifestyle, malahan volunteering sudah menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan.

Pada mulanya volunteer work ini dilakukan dengan tujuan kemanusiaan. Kemudian, apakah ada program relawan selain atas dasar tujuan sosial? Dan apa saja contoh dari program dan jenis-jenis relawan? Beberapa pertanyaan tersebut akan diulas disini.

Berbagai jenis program kerja relawan dan aksi nyatanya

Apa itu volunteer? Volunteer adalah seseorang yang turun tangan  bergabung dengan kelompok, komunitas dan lembaga agar menghasilkan impact bermanfaat bagi masyarakat umum. Simak penjelasan lebih lengkap di Blog Akademi Relawan.

Seiring berkembangnya kebutuhan, maka akan muncul beberapa inovasi untuk mencukupi apa yang dibutuhkan di masyarakat.

Sebab, relawan adalah orang yang menerapkan growth mindset. Maka dari itu, pemikirannya berorientasi terhadap inovasi untuk menghasilkan impact yang terus berkembang.

Nah,  jenis program kerja relawan juga termasuk dari inovasi yang bertujuan untuk memajukan kesejahteraan masyarakat.  

Tujuan menjadi relawan dan program kerja relawan, yaitu:

  • Membantu tercapainya visi misi organisasi
  • Membantu organisasi bekerja secara sistematis dan terstruktur
  • Membantu dalam menjawab kebutuhan organisasi

Kini kebanyakan organisasi volunteer di Indonesia menjalankan program kerjanya, dengan membagi jenis-jenis relawan berdasarkan kegiatan yang dilakukan. Salah satunya adalah Akademi Relawan yang membagi jenis gerakan kerelawanan menjadi lima bidang gerakan.

Meskipun demikian, masih banyak juga berbagai jenis relawan. Demikian juga, berbagai tugas volunteer yang berbeda pada tiap jenis bidang gerakannya. 

Agar kamu tahu apa saja jenis-jenis relawan, apa saja kegiatan volunteer, dan contoh program kerjanya. Maka, simak berikut ini penjabaran 5 jenis program kerja relawan dan contoh kegiatannya.

1. Relawan pendidikan

Kegiatan relawan satu ini ada karena banyak sekali ketimpangan yang terjadi di bidang pendidikan. Oleh karena itu relawan pendidikan atau relawan edukasi bergerak untuk membawa perubahan terbaik di bidang pendidikan.

Relawan pendidikan adalah siapa saja yang memiliki kepedulian terhadap pendidikan dan secara sukarelawan mengabdikan dirinya untuk berkontribusi pada perkembangan pendidikan.

Jika kita melihat kondisi pendidikan Indonesia saat ini, selama masa pandemi. Maka bisa diketahui Indonesia mengalami penurunan capaian pembelajaran. Hal ini terjadi karena kegiatan pembelajaran dari rumah.

Nah, Peran relawan pendidikan penting disini, bukan sekedar memberikan materi pengajaran. Melainkan juga, membangun pendidikan karakter. Karena banyak sekali siswa yang tidak diajarkan pendidikan karakter. Tentu hal ini akan menjadi bom waktu bagi Indonesia.

Maka dari itu, penting bagi pemerintah maupun masyarakat untuk membangun suatu program dengan pencapain terhadap keberhasilan pendidikan di Indonesia.

Contoh program kerja relawan pendidikan: Ruang Eksperd oleh TurunTangan Banjarmasin, Hari Buku Oleh TurunTangan Surabaya, dan Islamic Learning Class oleh TurunTangan Kayong Utara.

2. Relawan kesehatan

Dari namanya sudah bisa ketebak sih, ya. Kalau kegiatan ini akan memberikan pelayanan bantuan kesehatan. Mulai dari merancang prosedur (SOP) dan memberikan edukasi perihal kesehatan kepada masyarakat.

Tapi, apa sih relawan kesehatan itu? Relawan kesehatan adalah siapapun yang peduli akan isu kesehatan dan turut berkontribusi meningkatkan taraf kesehatan masyarakat dengan kemampuan yang dimiliki secara sukarela. 

Kamu bisa menemukan kegiatan relawan kesehatan di berbagai organisasi atau lembaga yang menawarkan program relawan. Sebagai relawan kesehatan kamu akan memahami permasalahan langsung di lapangan, memberi solusi, dan melayani masyarakat di sektor kesehatan.

Contoh program kerja relawan kesehatan: Respon Medis oleh TurunTangan Palu, Pelayanan Kesehatan Korban Kebakaran Teluk Gong oleh TurunTangan Jakarta, dan Konseling ASI oleh Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia.

3. Relawan lingkungan

Kegiatan relawan satu ini menjadi semakin menjamur di Indonesia. Bagaimana tidak, lingkungan merupakan unsur kehidupan yang tidak terlepaskan dari manusia. Sebab lingkungan yang bersih dan sehat dapat menghindarkan atau mengurasi resiko dari penyebaran penyakit.

Dengan begitu, masyarakat akan lebih produktif dalam menjalankan aktivitasnya. Sehingga akan berpengaruh terhadap perkembangan negara. Oleh sebab itu, peran relawan lingkungan tidak bisa dipandang sebelah mata.

Tapi, apa itu relawan lingkungan? Relawan lingkungan adalah seseorang yang dengan sukarela memberikan waktu dan tenaganya untuk mencapai tujuan baik dalam ranah perkembangan lingkungan. Biasanya, tugas yang dilakukan seperti kampanye dan pelatihan mengenai kesadaran lingkungan hijau.

Contoh program kerja relawan lingkungan: Kalesang Aksi Lingkungan Bersama oleh TurunTangan Ambon, Kendalikan Sampah Plastik oleh TurunTangan Donggala, dan Peduli Petugas Sampah oleh Peduli Sungai Surabaya.

4. Relawan sosial kemanusiaan

Nah, kegiatan ini yang paling banyak diminati oleh relawan. Biasanya, kegiatan ini akrab disebut oleh berbagai orang seperti relawan kemanusiaan, relawan humanis, atau relawan sosial kemanusiaan.

Trend relawan kemanusiaan muncul sebab adanya berbagai bencana alam yang terjadi di Indonesia. Misalnya, bencana Tsunami Aceh silam menjadi momen penting bagi dunia kerelawanan Indonesia. Dari situlah ada volunteer bencana alam.

Jadi bisa dikatakan bahwa relawan kemanusiaan adalah seseorang yang bekerja atau berkontribusi secara sukarela dalam gerakan sosial kemanusiaan untuk kepentingan masyarakat.

Contoh program kerja relawan sosial kemanusiaan: TurunTangan Berbagi oleh TurunTangan Bali, Ekspedisi Desa Tertinggal TurunTangan Mamuju, dan Senabung (Sedekah Nasi Bungkus) oleh TurunTangan Sidoarjo.

5. Relawan edukasi politik

Bisa dibilang jenis kegiatan relawan ini masih menjadi hal yang jarang diminati pemuda, bahkan enggan untuk didiskusikan. Akan tetapi, kamu harus sadar betul bahwa pemahaman mengenai politik perlu dikuasai pemuda. Sehingga estafet kepemimpinan di kancah politik akan semakin maju. Imbasnya, negara dan masyarakat akan semakin sejahtera karena adanya kebijakan politik yang ideal.

Relawan edukasi politik adalah individu yang secara sukarela aktif dan terlibat dalam bidang politik, serta berperan untuk memberikan pemahaman masyarakat perihal politik.

Jika kamu menjadi relawan yang bergerak di edukasi politik, maka tugasnya adalah mengedukasi, turut memberikan masukan perihal kebijakan mengenai politik.

Contoh program kerja relawan edukasi politik: Kelas Negarawan Muda oleh TurunTangan Jakarta, Pelatihan riset dengan survei online, dan Sekolah Demokrasi oleh Komunitas Demokrasi.

Jenis-jenis relawan dan contoh program kerjanya sudah dibahas. Tapi, agar lebih bermanfaat buat kamu. Coba pilih kegiatan relawan  yang sesuai passion, ya!

Bagikan artikel ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.