Kenapa Personal Branding Penting bagi Pemimpin?

Kenapa Personal Branding Penting bagi Pemimpin?

Pejuang pasti udah pada paham kan kalau seorang pemimpin itu perlu dikenal oleh banyak orang. Tidak ada pemimpin yang ingin dikenang oleh anggotanya maupun orang lain sebagai pemimpin yang “tidak menyenangkan”. Maka dari itu, penting bagi kita, sebagai seorang pemimpin untuk membentuk personal branding dan memiliki mindset dasar kepemimpinan.

Nah, sebenernya apasih personal branding itu, Pejuang? Menurut Farco Siswiyanto Raharjo dalam buku The Master Book of Personal Branding (2019), bahwasanya personal branding merupakan cara seseorang untuk mengambil kendali penilaian orang lain atas diri individu tersebut.

Baca juga: Kenapa pemimpin harus cerdas secara emosional?

Bisa didefinisikan pula, Personal branding adalah proses pembentukan persepsi masyarakat atau publik terhadap aspek yang dimiliki seseorang. Dengan demikian, aspek ini meliputi kepribadian, kemampuan, nilai, serta persepsi positif yang ditimbulkan atau ada dalam diri individu.

Sederhananya, personal branding bertujuan untuk menciptakan “image” dalam kepala orang lain tentang kita,  yang akan menjadi ciri khas kita  kemanapun kita pergi. Karena diperlukan untuk membangun citra diri di hadapan publik. Maka dari itu, harus dibentuk dengan hati-hati.

Yuk simak alasan kenapa personal branding penting bagi pemimpin!

1. Membantu membangun Kredibilitas

Membangun kepercayaan tidak bisa dalam waktu singkat karena setiap orang memiliki sudut pandang yang berbeda-beda. Begitu juga dengan kredibilitas tidak hanya berkaitan dengan seberapa mampu kamu diberikan sebuah jabatan, tetapi juga seberapa jauh kita bisa dipercaya terhadap sesuatu.

2. Memperluas relasi

Dengan memiliki kepribadian yang positif membantu kita untuk membangun relasi dengan siapa saja. Dengan adanya kepercayaan, maka mereka tak ragu untuk berhubungan dengan kita. Jika jaringan pertemanan kita luas, maka akan ada banyak keuntungan yang bisa didapat.

3. Membantu meningkatkan rasa percaya diri

Membentuk branding pada diri sendiri berarti membangun kepercayaan diri di waktu yang bersamaan. Tentu ini sangat penting dalam dunia profesional karena orang yang percaya diri memiliki self-esteem dan self-value yang kuat.

4. Bersikap jujur dan berdamai dengan diri sendiri

Membangun citra pada diri sendiri merupakan sesuatu yang datang berdasarkan nilai, prinsip, hasrat, dan tujuan seseorang. Itu semua tidak akan terkemas dengan baik tanpa adanya kejujuran terhadap diri sendiri. Caranya, dengan mulai berdamai, menerima, dan mencintai keadaan diri kamu sebenarnya.

Dari beberapa poin penting di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa membangun branding diri yang positif itu sangatah penting dan bermanfat bagi pemimpin. So, yuk kita mulai bangun cita diri positif untuk ke depannya melalui pelatihan kerelawanan, Pejuang!

Bagikan artikel ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *