Mengenal arti dan pentingnya manajemen organisasi bagi relawan

Mengenal arti dan pentingnya manajemen organisasi bagi relawan

Seperti yang kamu ketahui, manajemen organisasi merupakan hal yang paling fundamental untuk dipahami. Terlebih untuk kamu yang ingin atau sedang berkecimpung di dunia kerelawanan. Mengapa demikian? Sebab, bisa membantu untuk mengetahui cara organisasi dalam mencapai target mereka. Dan kamu juga bisa mengetahui seberapa pentingnya mengatur organisasi.

Saat ini, pengelolaan organisasi menjadi aspek penting untuk memberikan perubahan yang signifikan terhadap organisasi.

Demikian juga, manajemen organisasi bisa digunakan sebagai tools untuk mengetahui tindakan yang diambil organisasi untuk mengelola risiko dan mencapai tujuan akhir.

Untuk itu sangat diperlukan pengelolaan yang baik dalam sebuah organisasi. Sebagai relawan yang aktif dalam organisasi tentu sangat perlu memahami bagaimana cara mengelola organisasi secara efektif.

Untuk itu kamu perlu tahu terlebih dahulu, pengertian manajemen organisasi dan seberapa pentingkah penerapannya bagi relawan.

Apa yang dimaksud manajemen organisasi?

Dilansir dari laman managementstudyguide.com, manajemen organisasi diartikan sebagai wadah atau sarana yang berisikan sekumpulan orang yang memiliki minat, pendidikan, dan background yang berbeda. Hal ini dimaksudkan untuk mencapai tujuan tertentu yang telah ditetapkan dengan memanfaatkan sumber daya yang ada. Oleh karena itu, berkoordinasi antara yang satu dengan lainnya sangat diperlukan.

Pasalnya, untuk mencapai tujuan tersebut tidak semudah membalikan telapak tangan. Ada keterlibatan proses panjang yang perlu dilalui dan yang terpenting bagaimana agar berani menghadapi dan mengelola risiko.

Lebih buruknya, jika setiap anggota organisasi tidak bisa produktif dan lebih memilih urusan diluar pekerjaan. Maka dari itu, sistem manajerial sangat diperlukan dalam organisasi. Sebab, semua bentuk organisasi dimana orang bekerja agar tujuan yang telah ditetapkan, membutuhkan manajemen.

Sesuai dengan kata dasar, yaitu ‘manage’ yang berarti mengelola atau mengatur. Karena secara hakikat manajemen adalah serangkaian proses pengelolaan, perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, pengendalian, dan penentuan untuk mencapai target melalui pemanfaatan sumber daya yang ada.

Mengelola organisasi mengacu tentang bagaimana pemimpin sebuah organisasi bisa mengendalikan dan menggunakan aset yang ada secara efektif.

Lebih lagi, bagi pemimpin yang memiliki pemikiran growth mindset atau pemikiran untuk terus berkembang punya metode penyelesaian masalah yang resolutif. Dengan keberadaan manajemen ini ditujukan agar organisasi mampu memitigasi risiko dari setiap keputusan yang diambil.

Karena secara prinsip manajemen itu bagaimana mengelola kegiatan agar berjalan lebih baik dalam mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan. Oleh karena itu, kerja sama yang baik sangat diharapkan karena sebagai indikator keberhasilan dari tujuan organisasi.

Pentingnya manajemen organisasi bagi relawan

Mengelola organisasi kerelawanan memang memiliki karakteristik yang sangat berbeda dibandingkan dengan pengelolaan organisasi profit. Profesionalisme organisasi dengan basis kerelawanan atau juga organisasi non profit jauh berbeda dengan manajemen perusahaan profit. Dengan demikian, sangat penting relawan tahu, kenapa, dan bagaimana mengatur organisasi itu.

Baca juga: Jenis-jenis program relawan dan contohnya yang mesti diketahui

Mulai dari perbedaan ukuran sukses, dikatakan berhasil suatu organisasi non profit jika impact tersebut sampai ke target sasaran. Dengan begitu pengukuran kesuksesan berdasar pada, bagaimana dan sedalam apa perubahan yang dihasilkan kepada sasaran, dalam hal ini masyarakat luas.

Bukan hanya membesarkan internal tetapi impact di masyarakat tak linear. Tentunya ini hal fundamental yang perlu diketahui relawan agar ia sukses dalam manajemen organisasi.

Jadi, standar keberhasilan organisasi bagi relawan bukan diukur dengan persentase kenaikan uang, melainkan kenaikan persentase jumlah kenaikan relawan, dan seberapa besar impact yang dihasilkan. Oleh sebab itu, perubahan yang terjadi di masyarakat menjadi ukuran keberhasilan organisasi.

Untuk mencapai itu, perlu dilakukan manajemen relawan dengan pendekatan kemanusiaan yang erat. Yang mana setiap relawan memiliki ragam karakteristik berbeda. Dengan demikian, perlakuan, cara kerja, dan komunikasi juga berbeda. Maka dari itu, manajemen relawan perlu dilakukan dengan baik agar organisasi berjalan lancar dan capaiannya mengalami peningkatan.

Untuk paham tentang pengelolaan suatu organisasi yang baik sehingga bisa diterapkan dalam organisasi, kamu membutuhkan suatu wadah. Dengan begitu, kamu bisa mempelajari bagaimana cara mengelola organisasi yang baik dan benar. Nah, manajemen organisasi juga bisa kamu pelajari di Akademi Relawan.

Bagikan artikel ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.