Siapa Itu Relawan? Pengertian dan Manfaat Menjadi Relawan

Siapa Itu Relawan? Pengertian dan Manfaat Menjadi Relawan

Kamu bisa memanfaatkan hari libur atau waktu kosong bukan hanya untuk hangout. Namun, bisa dimanfaatkan untuk membantu orang lain dan memberikan kebahagiaan dengan menjadi relawan. Tapi, apasih pengertian relawan itu?

Tentu, untuk tahu itu kamu harus memahami dulu apa itu relawan dan manfaat relawan. Dengan begitu, kamu bisa menjadi relawan yang paham dalam menjalankan tanggung jawab. Meskipun menjadi seorang relawan membutuhkan proses yang sangat berat. 

Maka dari itu, sekarang kita akan bahas lebih dalam mengenai apa itu volunteer atau relawan dan benefitnya.

Pengertian relawan

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), istilah relawan sepadan dengan kata sukarelawan yang berarti aktivitas yang dilakukan seseorang secara sukarela (tidak karena diwajibkan atau dipaksakan). Artinya, seorang relawan melakukan kegiatannya didasarkan pada motif suka dan rela.

Sedangkan, dilansir dari Sociopreneur arti relawan adalah Seorang yang melakukan aktivitas secara sukarela, tanpa mendapatkan jasa (fee) atas tenaga, pemikiran, dan waktu yang telah dikorbankan.

Tapi, apakah sesederhana itu pengertian relawan? Oleh karena itu, agar tidak terjadi penyempitan makna, alangkah baiknya disajikan dari sumber lain beberapa pengertian agar memperkaya makna. 

Mayoritas orang yang belum pernah terlibat dalam kerelawanan memaknai relawan adalah “orang-orang yang membantu saat terjadi bencana seperti, tanah longsong, gempa bumi, dan banjir”. Sedangkan sisanya, mengutarakan bahwa relawan adalah “kelompok yang menggalang dana untuk tujuan kemanusiaan”.

Dilansir dari lexico.com (platform yang diprakarsai oleh Oxford Dictionary), mengartikan volunteer sebagai “a person who freely offers to take part in an enterprise or under a task” yang merupakan seseorang yang memberikan penawaran secara percuma untuk berkontribusi dalam sebuah proyek atau mengambil bagian pada tugas tertentu.

Ada juga Schroeder mengartikan makna relawan dengan penekanan mendalam, yakni seseorang yang rela menyumbanggkan waktu, tenaga, dan kemampuan tanpa mengharapkan tambahan finansial dari organisasi.

Selain itu, relawan melakukan kegiatan bersifat sukarela tanpa ada harapan akan imbalan eksternal. Namun, berdasarkan penelitian terbaru menunjukan bahwa tidak banyak relawan yang terlibat dalam kegiatan tanpa mengharapkan balasan atau gaji.

Pemberian makna dari arti relawan bergantung pada beberapa faktor seperti norma, karakter, pengetahuan, nilai sosial-budaya, dan peran organisasi dalam membentuk paradigma kerelawanan.

Sederhananya, dapat disimpulkan bahwa relawan adalah seseorang yang turun tangan  bergabung dengan kelompok, komunitas dan lembaga agar menghasilkan impact bermanfaat bagi masyarakat umum. Selain itu, tindakan tersebut didasari atas keinginan, kemampuan dan rasa suka serta rela. Sekalipun akan memperoleh bayaran, itupun bisa berbentuk sistem reimbursement.

Jadi, kamu sudah tahu apa itu relawan? Dengan begitu, akan menambah pengetahuan kamu untuk mengenal lebih dalam tentang arti relawan.

Manfaat menjadi relawan

Menjadi relawan adalah hal yang bisa dilakukan oleh seluruh masyarakat sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan sekitar. Namun, tidak semerta-merta akan menghadapi proses yang mudah. Sebab, beragam tantangan akan dihadapi. Akan tetapi, dari segala proses tersebut terdapat banyak manfaat ketika menjadi relawan.

Sebelum menjadi relawan, kamu harus tahu dulu jenis-jenis relawan. Dengan begitu, kamu akan paham apa yang dilakukan volunteer?

Tentunya, manfaat bagi penerima dan organisasi biasanya menjadi alasan mengapa kamu memutuskan untuk menjadi relawan. Tapi, apakah kamu sadar bahwa terdapat banyak manfaat juga bagi relawan itu sendiri.

Jadi, mari kita lihat beberapa manfaat sehingga menjadi relawan adalah hal yang penting.

  • Meningkatkan rasa percaya diri

Kepercayaan diri akan dibentuk dengan menjadi relawan. Sebab, kamu akan mendapat kemampuan baru, mengerjakan sebuah proyek dan menghadapi tantangan yang sulit. Dengan begitu, kamu akan lebih percaya diri terhadap kemampuan dirimu jika kamu menangani tantangan yang lain.

Sakah satu tujuan menjadi relawan, kamu akan merasakan bahwa diri kamu lebih baik dibandingkan sebelumnya. Dengan bermanfaat kepada orang lain kita juga akan merasa bangga dengan kemampuan kita. Begitulah relawan banyak membantu dan bermanfaat bagi orang lain.

  • Memperluas networking

Pastinya, networking sangat diperlukan bagi relawan yang ingin mendapatkan informasi seputar kerelawanan. Makanya, kamu harus mencari orang-orang yang sudah berpengalaman menjadi relawan. Sementara itu, jika networking kamu lebih luas lagi dengan relawan, maka kamu akan mendapatkan informasi terbaru mengenai relawan. Bukan hanya itu, networking juga sangat berpengaruh pada karier kamu selanjutnya. Caranya, dengan menjalin relasi dengan baik.

Belajar dari orang yang memiliki pengalaman akan membantumu agar bisa lebih adaptif dalam menjadi relawan. Dengan menjadi relawan kamu akan banyak bertemu orang dengan berbagai latar belakang membuka kesempatan munculnya ide-ide baru. Disamping itu, networking juga membantu dalam personal branding.

  • Menjaga kesehatan mental

Ini jawaban dari apakah volunteer penting? Jelas. Saat menjadi relawan kamu akan sering kontak sosial untuk membantu orang lain sehingga akan berpengaruh mendalam terhadap kesejahteraan psikologis relawan. Sesuai dengan survei yang diterbitkan di Journal of Happiness Studies menyebutkan bahwa orang yang mengikuti kegiatan volunteer memiliki tingkat kesehatan dan kepuasan hidup lebih tinggi.

Menjadi relawan membuat lebih sering berhubungan dengan orang lain sehingga akan membuatmu lebih solid. Oleh karena itu, dengan menjadi relawan maka akan menjaga kesehatan mental. Sebab, menjadi relawan membuat lebih bahagia.

Relawan hadir bukan sekedar untuk memberi atau membantu, lebih dari itu yang utama adalah melayani masyarakat. Untuk menjadi relawan tidak harus di lapangan, di depan laptop dalam ruangan juga bisa asal niat kita ikhlas untuk kemanusiaan.

Bergabung bersama Akademi Relawan

Bagaimana pemahamanmu sekarang setelah mengetahui pengertian dan benfit sebagai volunteer? Sudah paham bukan? Jadi, mau kapan nih untuk mulai ikut turun tangan bersama relawan yang lain? Ayo bergabung dengan Akademi Relawan! Kamu bisa langsung mengerjakan proyek, tentunya dibimbing oleh mentor yang berpengalaman.

Bagikan artikel ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.