Trend Relawan: Bukan Sekedar Lifestyle

Trend Relawan: Bukan Sekedar Lifestyle

Di era yang semakin modern ini, kegiatan kerelawanan memang bukan menjadi hal yang baru lagi. Bahkan, kegiatan seperti ini semakin marak dan dikembangkan oleh masyarakat Indonesia, loh Pejuang! Buktinya, makin kesini kita makin sering menemukan ajakan-ajakan sosial dari berbagai lembaga kerelawanan. Baik itu dari media sosial, koran, dan bahkan televisi sekalipun.

Anak-anak muda pun berbondong-bondong mendaftarkan diri mereka ke berbagai lembaga kerelawanan. Tujuan mereka juga bermacam-macam. Baik itu memang sudah menjadi hobi, menambah pengalaman, melatih skill, bahkan untuk sekedar mengisi CV sekalipun.

Memang sih, manfaat mengikuti kegiatan kerelawanan itu banyak sekali, sampai tidak bisa disebutkan satu-persatu. Selain mendapatkan pengalaman baru dan mengasah skill-skill di bidang tertentu, kegiatan ini masih menawarkan berbagai manfaat lainnya, loh Pejuang!

Yang pasti, dengan aktif di kegiatan seperti ini kita akan diajarkan ‘menolong tanpa pamrih’. Bagaimana bisa begitu? Karena kita dengan senang hati ikut mengulurkan tangan untuk membantu sesama tanpa mengharap imbalan apapun.

Kita diajarkan untuk loyal dalam mengemban tugas-tugas kerelawanan dan berkomitmen meski dalam jangka waktu yang cukup panjang. Secara tidak langsung, hal-hal seperti ini dapat memperkaya karakter positif kita.

Mulai dari rasa empati terhadap sesama, jiwa sosial yang tinggi, kesehatan fisik dan mental yang bagus, dan masih banyak lagi. Selain manfaat-manfaat yang telah disebutkan diatas, ternyata kegiatan kerelawanan juga berpengaruh besar terhadap perubahan sosial loh, Pejuang!

Perubahan ini tidak hanya dalam lingkup kecil, tapi juga membawa dampak besar bagi negara juga. Wah, kok bisa ya? Tentu saja bisa. Dengan berpartisipasi aktif dalam suatu kegiatan kerelawanan, kita tentu telah membantu lembaga tersebut dalam mencapai visi misinya.

Kegiatan kerelawanan juga merupakan tempat kaderisasi pemuda yang dinilai sangat efektif. Relawan juga berperan sebagai penghubung antara lembaga dan instansi dengan masyarakat umum dan publik.

Seiring dengan menjamurnya lembaga nirlaba atau LSM di Indonesia pasca-reformasi dan rentetan bencana alam serta kerusakan yang kuantitasnya lebih besar dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, semangat relawan (voluntarism) dan solidaritas kemanusiaan (genuine solidarity) semakin meningkat, loh! Keren sekali, bukan?

Maka dari itu, yuk melibatkan diri dalam berbagai kegiatan kerelawanan, Pejuang! Salah satunya di Akademi Relawan by TurunTangan ini.

Dengan turut berperan aktif dalam kegiatan kerelawanan, kita tak hanya mengasah kemampuan diri sendiri untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Kita juga dapat saling membantu sesama, dan turut berkontribusi dalam berkembangnya Indonesia yang lebih maju, pastinya!

Bagikan artikel ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *