Bagaimana Bisa Pengalaman Kerelawanan Menjadikan Kamu Selangkah Lebih Maju

Bagaimana Bisa Pengalaman Kerelawanan Menjadikan Kamu Selangkah Lebih Maju

Apa yang terjadi saat teman-temanmu selangkah lebih maju dibandingkan kamu? Akankah kamu memilih pasrah atau justru manuver, sebab merasa tertinggal jauh. Mungkin terlintas untuk mengikuti organisasi hingga magang di perusahaan. Demikian juga, untuk menjadi relawan dan aktif mengikuti kegiatan volunteer.

Entah mana yang lebih baik dan cocok dengan kepribadian dan tujuan. Maka dari itu kamu harus lebih mengenal diri. Siapa, bagaimana, dan apa tujuan dirimu? Agar kamu tahu mana tempat yang baik bagimu untuk berkembang.

Baca juga: Kenapa Personal Branding Penting bagi Pemimpin?

Semakin dewasa rasanya hidup seperti perlombaan. Tidak jarang mahasiswa merasa insecure dengan lingkungan di sekitarnya. Hal ini menjadikan kesadaran untuk bangkit dari keterpurukan, apakah kita sudah lebih maju dari orang lain?

Tentu jawabannya pasti relatif. Untuk itu diperlukan kesadaran terkait posisi kita sekarang, agar “selangkah lebih maju” bisa menjadi slogan sekaligus prinsip dalam menjalani kehidupan. Untuk sebagian orang memiliki dan memegang prinsip ini merupakan hal penting, apalagi bagi yang memiliki jiwa kompetitif.

Nah, tentu menjadi relawan dan mengikuti kegiatan kerelawanan menjadi salah satu wadah yang tepat untuk menjadikan kamu selangkah lebih maju dibanding orang lain. Sebagai relawan nantinya, kamu nggak cuman memberi atau membantu, lebih dari itu yakni melayani masyarakat.

Dan dengan menjadi relawan kamu memiliki lebih banyak peluang, juga mendapatkan keterampilan dari pengalaman selama mengikuti kegiatan kerelawanan. Hal ini yang terkadang sering diabaikan dalam proses menjadi relawan.

Saat kamu memutuskan menjadi relawan maka kamu akan banyak berinteraksi dengan berbagai macam karakter orang. Dengan begitu, kamu bisa memperluas relasi sosial. Meskipun, pada awalnya relasi ini tidak terkesan penting. Tapi, pada kenyataannya justru bisa menjadi senjata pamungkas, dan bisa jadi membuka banyak peluang karir kamu.

Mengapa dengan menjadi relawan membuat kamu lebih unggul?

Pengalaman volunteering itu menjadi penting, bila kamu masih beranggapan dengan mengikuti volunteering itu cuma membuang-buang waktu saja, justru kamu malah akan mendapatkan berbagai peluang emas. Baik untuk karir pekerjaan atau bekal untuk bersosialisasi. Terlebih untuk mahasiswa ataupun bukan, ini tergolong kesempatan besar dengan menjalankan project kerelawanan.

Sudah jelas, mengikuti kerelawanan telah menjadi keharusan. Maka dari itu, Jangan hanya berpikir pesimistis bahwa urusan akademis terkesan teoritis saja, juga jauh dari realitas sosial kemanusiaan. Bukan lain, karena tidak ada teori tanpa praktis, sehingga teori tersebut bisa dipertemukan dengan realitas sosial, yang terpenting agar mampu melihat dan memecahkan problem-problem.

Dalam konteks sosial, menjadi relawan benar-benar membantu dan melayani warga misalnya, warga yang terdampak bencana alam. Dari sini timbul rasa semacam tanggung jawab moral dan sosial baik dalam bentuk uang, pakaian, atau turun tangan ke lapangan.

Saat menjadi relawan dengan maksud dan tujuan yang baik, maka pekerjaan yang dilakukan akan bermanfaat baik. Sehingga timbul perasaan lebih baik, sebab ada kontribusi yang berdampak baik kepada masyarakat.

Dengan begitu, bentuk kontribusi terhadap masyarakat memberikan rasa kepuasan karena telah membantu. Dengan demikian, ini akan menjadikan kamu menonjol dan unggul, sebab peduli dengan isu-isu ini. Inilah salah satu manfaat menjadi volunteer.

Setidaknya penjelasan deskriptif ini yang mendasari mengapa pengalaman menjadi sukarelawan menjadikan selangkah lebih maju dibandingkan orang lain. Disamping itu, ada beberapa hal juga yang bisa dijadikan alasan yang lebih jelas, kenapa bisa pengalaman menjadi sukarelawan menjadikan kamu lebih unggul?

  • Besar peluang untuk direkrut

Tidak bisa dipungkiri bahwa tidak sedikit yang bergabung menjadi relawan agar mendapatkan experience, bonusnya bisa ditempatkan di CV sebagai pengalaman volunteering. Dengan begitu, bisa meyakinkan HRD agar bisa direkrut. Namun, ketika menjadi relawan kamu harus tetap memegang prinsip untuk melayani masyarakat. Karena pada dasarnya, relawan bekerja secara ‘suka’ dan ‘rela’.

Ketika memiliki pengalaman relawan, rekrutmen akan tahu bahwa kamu mempunyai pengalaman, kualitas, value, dan semangat yang tidak dimiliki orang lain. Alih-alih terabaikan, justru bisa lebih diprioritaskan oleh rekrutmen.

Ini menekankan bahwa menjadi relawan memiliki kemampuan untuk menerima tantangan dan memecahkan masalah secara efisien. Maka dari itu, tidak sedikit mahasiswa yang alih-alih melamar kerja, malah memilih untuk menjadi relawan.

Baca juga: Tertarik Menjadi Relawan Pendidikan? Berikut Skill yang Wajib Kamu Miliki

Mungkin saja kamu memiliki pengalaman menjadi relawan dengan mengajar anak-anak di sekolah, yang akan menggambaran kreativitas dan kesabaran. Atau juga pernah ada pengalaman di bidang pengembangan masyarakat, yang bisa menunjukan dan membangun tingkat ketelitian dan ketekunan. Pengalaman-pengalaman tersebut mungkin sangat berharga jika dibandingkan dengan nilai IPK yang kamu peroleh.

  • Bisa membangun kepercayaan dan berpeluang menjadi pemimpin tim

Seringkali pengalaman kerja relawan menjadi tolak ukur untuk menilai kemampuan dan daya juang seseorang. Bahkan, ini bisa menentukan kualitas yang menentukan keunggulan dibandingkan yang lain.

Hampir kebanyakan perusahaan memiliki proyek sosial. Jika memiliki pengalaman sukarelawan maka bisa dijadikan senjata pamungkas. Terbukti, dengan pengalaman tersebut kamu akan lebih terlihat menonjol dibandingkan lainnya.

JIka kamu ingin bisa selangkah lebih maju dengan mengikuti dan memanfaatkan kegiatan relawan, amat sangat diperlukan proses yang panjang dan harus dijalani semaksimal mungkin.

Setiap langkah yang diambil akan memberikan sesuatu yang berharga, juga ada pengorbanan yang tak terelakan. Jadi gimana? Mau selangkah lebih maju? Ya, bergabung bersama Akademi Relawan, platform pelatihan relawan yang tepat untuk kamu yang segera ingin berkontribusi dan mengembangkan diri.

Bagikan artikel ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *