Tertarik Menjadi Relawan Pendidikan? Berikut Skill yang Wajib Kamu Miliki

Tertarik Menjadi Relawan Pendidikan? Berikut Skill yang Wajib Kamu Miliki

Menjadi relawan pendidikan terdengar menarik sekali, bukan? Tak hanya untuk sekedar mendapat pengalaman, kita bisa  belajar sekaligus bermain bersama anak-anak. Tak heran jika banyak lembaga-lembaga kerelawanan, khususnya di bidang pendidikan yang semakin menjamur eksistensinya di Indonesia. Relawan pendidikan fungsinya tidak lain adalah membangun pendidikan yang lebih memadai, terutama di daerah tertinggal.

Karena hingga saat ini sistem pendidikan di Indonesia kalah bersaing dengan negara-negara lainnya. Mahalnya biaya pendidikan dan sistem pendidikan yang masih terpusat di kota menjadikan sistem pendidikan kita tidak merata.

Padahal masyarakat yang tinggal di wilayah pedesaan cenderung lebih banyak dibanding di kota. Sangat disayangkan bahwa sistem pendidikan di desa kurang mendukung.  

Terlepas dari fakta bahwa kegiatan kerelawanan itu dilakukan secara sukarela, kita juga perlu bersikap profesional loh, Pejuang!

Prinsip ini perlu dijunjung tinggi agar kegiatan dan bantuan yang dilakukan tetap memiliki kualitas yang baik, serta memberikan dampak yang signifikan terhadap pihak yang sedang dibantu.

Yuk simak beberapa skill yang wajib dimiliki oleh relawan pendidikan, Pejuang!

1. Kemampuan mengajar yang baik

Pertama dan paling utama, seorang relawan pendidikan harus memiliki kemampuan mengajar, pastinya. Skill ini ternyata bisa diasah loh, Pejuang! Tidak harus menjadi bakat sejak lahir. Semakin sering kita mengajar, maka akan semakin meningkat dan berkembang pula skill mengajar kita.

Baca juga: Trend Relawan: Bukan Sekedar Lifestyle

Metode mengajar pun harus disesuaikan berdasarkan karakteristik dan usia murid. Mengajar siswa SD dengan SMP tentunya membutuhkan teknik dan metode yang berbeda, bukan?

2. Memiliki rasa empati

Seorang relawan pendidikan harus memiliki rasa empati yang tinggi terhadap siswa yang diajar. Kita harus mampu berempati dan memahami karakteristik murid satu persatu.

Baca juga: 3 Hal Penting yang Harus Kamu Perhatikan sebagai Relawan

Dengan begitu, proses belajar mengajar pun akan berjalan semakin lancar karena tidak ada jarak antara guru dan siswa.

Selain itu, menjalin relasi juga penting, loh! Baik itu menjalin relasi dengan sesama pengajar, atasan atau pimpinan yang lebih senior, dan bahkan menjalin relasi dengan para siswa sekali pun.

3. Menjadi figur yang baik

Terakhir dan yang tak kalah penting, seorang relawan pendidikan harus mampu menjadi teladan yang baik bagi para peserta didik. Seorang murid selalu mencontoh sikap dan perbuatan gurunya, bukan?

Maka dari itu, biasakan mencontohkan hal-hal yang terpuji kepada murid agar mereka dapat belajar banyak dari hal itu. Mendidik perihal karakter siswa juga salah satu hal yang penting loh, Pejuang!

Yuk aplikasikan skill-skill di atas agar kamu dapat menjadi pendidik yang berkualitas! Sudah saatnya kita sadar bahwa Pendidikan bukan lagi tugas Pemerintah sendiri melainkan tugas setiap orang terdidik atau orang yang mau peduli terhadap nasib masa depan generasi.

Jadi tunggu apalagi, Pejuang? Kami tunggu kontribusi kalian sebagai relawan pendidikan di Akademi Relawan!

Bagikan artikel ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.